Ada tiga bahan alami di dapur yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol merupakan senyawa lemak yang penting untuk dikendalikan. Kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti risiko penyakit jantung, stroke, dan gangguan peredaran darah yang lebih parah.

Biasanya, tingginya kadar kolesterol disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti konsumsi berlebihan lemak jenuh, kurang beraktivitas fisik, kelebihan berat badan, merokok, minum alkohol, dan pola makan yang tidak seimbang.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) mengatakan bahwa kolesterol normal dalam tubuh seharusnya kurang dari 200 mg/dL. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap orang untuk menjaga kadar kolesterol mereka agar tidak menyebabkan efek yang berbahaya.

Ada beberapa cara untuk mengendalikan dan menurunkan kadar kolesterol, salah satunya adalah dengan mengonsumsi ramuan yang terbuat dari bahan alami. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan antara lain adalah yang dijelaskan berikut, yang dikutip dari berbagai sumber.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa alicin yang terdapat dalam bawang putih memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dengan signifikan. Senyawa alicin mengandung sulfur yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat.

Menurut informasi dari Very Well Health, mengkonsumsi sekitar 300 mg bubuk dalam bentuk tablet atau sekitar satu hingga dua siung bawang putih mentah setiap hari dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat.

Beberapa studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi bawang putih dalam jumlah yang berlebihan, yaitu lebih dari 0,25 gram per kilogram berat badan, dapat menyebabkan gangguan pada hati.

Biji ketumbar dikenal karena kandungannya yang kaya antioksidan yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, biji ketumbar juga mengandung asam folat, vitamin A, vitamin C, dan beta-karoten yang penting untuk kesehatan tubuh.

Ketumbar diyakini dapat membantu menjaga kesehatan jantung melalui kemampuannya menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Salah satu langkah untuk menjaga kadar kolestrol dengan menggunakan ketumbar adalah dengan merebus sejumput ketumbar selama dua menit dan kemudian meminum air hasil saringannya.

Menurut Times of India, minum segelas susu kunyit hangat di malam hari dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL). Jika Anda tidak suka susu, Anda bisa mencoba minum air kunyit sebagai pengganti.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di PubMed Central, zat kurkumin yang terdapat dalam kunyit memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar LDL dan trigliserida dalam tubuh. Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang berperan dalam menyimpan kalori dan memberikan energi bagi tubuh. Namun, jika kadar trigliserida terlalu tinggi, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang beragam.

Read Also:

- Terbebas Hingga Tuntas dari Diabetes Melitus dan Sakit Jantung Menahun
- Wanita Bijak: Kenali 8 Ciri Ciri Kista Ovarium dan Langkah-Langkah Mengatasinya
- Simak Jadwal Libur dan Cuti Bersama Desember 2023
- Batu Ginjal, Sakitnya Tak Tertahankan Menjalar Hingga Ke Pinggang, Punggung Dada
- Kanker Kelenjar Getah Bening Dokter Memprediksi Buta Pasca Kemo Dan Radiasi, Ternyata?