Seorang artis Indonesia era 1990-an, yaitu Kiki Fatmala, telah meninggal dunia akibat kanker paru-paru stadium empat pada Jumat (1/12/2023). Meskipun begitu, surat wasiat yang dia buat masih menjadi topik pembicaraan dan mendapatkan pujian dari pengguna internet.

Membaca: Dalam surat wasiat yang diungkapkan oleh suami Kiki Fatmala, Christopher, terdapat permintaan kepada kerabat dan keluarga untuk tidak membeli karangan bunga saat Kiki meninggal. Sebagai gantinya, Kiki berharap mereka menyumbangkan uang ke gereja atau orang yang membutuhkan. Banyak masyarakat yang mempertanyakan tentang surat wasiat ini. Jadi, apa sebenarnya surat wasiat itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), surat wasiat adalah surat yang berisi pesan, pernyataan, dan lain sebagainya dari seseorang yang akan dilaksanakan setelah ia meninggal dunia. Dengan demikian, surat wasiat adalah pesan terakhir dari seseorang yang telah meninggal.

Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 60 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pelaporan Wasiat dan Permohonan Penerbitan Surat Keterangan Wasiat Secara Elektronik, wasiat adalah dokumen yang berisi keinginan seseorang tentang apa yang akan terjadi setelah mereka meninggal dunia dan dapat dicabut. Surat wasiat biasanya berisi pesan terakhir kepada keluarga, permintaan maaf, serta instruksi tentang pengelolaan harta dan hal-hal lain yang belum terpenuhi selama hidup. Salah satu manfaat surat wasiat adalah mencegah adanya perselisihan antara ahli waris dan keluarga yang ditinggalkan, karena pewaris telah mengatur dengan jelas tentang pembagian harta dan aset yang ditinggalkan.

Dalam surat wasiat, pewaris dapat menentukan aturan pembagian harta waris. Meskipun masih ada kemungkinan terjadi perselisihan, surat wasiat dapat membantu mengurangi konflik. Selain itu, dengan adanya surat wasiat, proses pembagian harta waris dapat lebih efisien dan cepat. Meskipun memerlukan waktu dan biaya, jika warisan tidak segera dibagi dan pewaris telah meninggal, hak waris bisa jatuh kepada anak kandung pewaris.

Pembagian harta warisan akan menjadi lebih kompleks jika terjadi ketidaksepakatan antara ahli waris. Selain itu, pewaris juga dapat melindungi dan menjaga aset keluarga di masa depan dengan menentukan bagaimana aset tersebut akan dikelola dan dilindungi. Keputusan terkait aset dalam surat wasiat diharapkan dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi keluarga.

Surat wasiat olografis adalah surat wasiat yang harus ditulis tangan dan ditandatangani oleh pewaris sendiri. Setelah itu, surat tersebut akan diserahkan kepada seorang notaris. Surat wasiat umum, di sisi lain, adalah surat wasiat yang harus dibuat dengan akta umum di hadapan notaris.

Surat Wasiat Rahasia atau Tertutup adalah surat yang dapat dibuat oleh pewaris sendiri atau tidak harus ditulis tangan sendiri, sesuai dengan Pasal 940 dan 941 KUHPerdata. Namun, surat tersebut harus dalam keadaan tertutup dan disegel saat penyerahannya dengan kehadiran empat orang saksi. Ketika kertas atau sampul diserahkan kepada notaris, juga harus dihadiri oleh empat orang saksi. Selain itu, pewaris harus menjelaskan bahwa kertas tersebut berisi wasiat yang ditulis oleh dirinya sendiri atau atas namanya oleh orang lain. Berikut adalah cara membuat Surat Wasiat.

Sebelum membuat dan menyerahkan surat wasiat, penting untuk memilih notaris dan saksi terlebih dahulu. Pastikan Anda memilih notaris dan saksi yang telah Anda kenal dan percayai. Selanjutnya, jelaskan dengan jelas pesan-pesan yang ingin disampaikan dalam surat wasiat tersebut.

Setelah menuliskan pesan, berikan surat tersebut kepada notaris. Sebelum menyerahkannya, Anda dapat berkonsultasi dengan notaris mengenai hal-hal yang harus ditambahkan dalam surat wasiat tersebut. Setelah diterima, notaris akan memproses surat wasiat. Dalam proses ini, notaris akan membuat akta penitipan yang ditandatangani oleh notaris itu sendiri, pewaris, dan saksi.

Ketika seseorang meninggal dunia, akta tersebut akan dibuka dan dibacakan di hadapan ahli waris dan saksi.

Sebelum meninggal, Kiki Fatmala membuat wasiat meskipun tidak memiliki anak

Ini tanda-tanda kanker paru-paru yang menyebabkan Kiki Fatmala meninggal

Kiki Fatmala meninggal dunia karena kanker, pada usia 56 tahun

Warren Buffett membuat surat wasiat, anaknya tidak mendapatkan harta

Ozi: Jika bukan karena Kiki Fatmala, saya tidak memiliki rumah

Berobat tanpa asuransi, Kiki Fatmala: Uang tidak bisa dibawa mati

Meninggal tanpa anak seperti Kiki Fatmala, siapa warisnya?

Mempelajari dari Kiki Fatmala, apakah kita perlu membuat surat wasiat?

Read Also:

- 5 Bahan Utama Obat Kista Alami Dari Tumbuhan Ling Shen Yao
- Kasus Covid-19 di Jakarta Meningkat 40% dalam Sepekan, Dinkes DKI Minta Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan
- 3 Bahan Alami di Dapur yang Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol
- Cara Menghilangkan Kista Saat Hamil: Solusi Aman dan Efektif untuk Ibu Hamil
- Tren Naik, Kasus Covid-19 di RI Mengalami Peningkatan Saat Mendekati Masa Liburan Nataru