()

Salah satu bahan utama yang terdapat di dalam ling shen yao adalah jamur lingzhi atau jamur reishi (ganoderma lucidum), mari mengenal lebih jauh manfaat jamur lingzhi ini.

Jamur Lingzhi, atau yang punya nama latin Ganoderma lucidum, dipercaya oleh masyarakat negeri Cina, Korea, Jepang, dan beberapa negara di Asia lainnya dapat memberikan begitu banyak manfaat kesehatan, termasuk umur panjang. Apa kata dunia medis soal manfaat jamur Lingzhi?

Inilah Beberapa manfaat jamur Lingzhi untuk kesehatan

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Lingzhi mengandung komponen aktif seperti polisakarida yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Jamur ini juga bersifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu tubuh melawan flu, termasuk flu burung dan flu babi; juga mengobati gangguan paru seperti asma dan bronkitis.

Manfaat jamur Lingzhi lainnya termasuk mengurangi stres, mencegah kelelahan, mengatasi penyakit ketinggian, pertolongan untuk keracunan makanan, mengatasi ulkus lambung, dan pengobatan alternatif untuk HIV/AIDS.

2. Meredakan nyeri rematik
Selain itu, jamur Lingzhi mengandung asam ganoderik yang memiliki komposisi serupa dengan hormon steroid. Dalam tubuh, hormon steroid berfungsi mengatur metabolisme karbohidrat, membentuk otot, dan bersifat antiperadangan yang bisa mengatasi nyeri reumatik.

Jamur yang berukuran besar, berwarna gelap, bertekstur mengkilat mirip kulit kayu ini juga memiliki sifat antipenuaan.

3. Membantu pengobatan kanker
Penelitian menemukan bahwa betaglucan, komponen gula kompleks yang terkandung dalam jamur Lingzhi dapat mencegah penyebaran sel kanker. Sebagai tambahan, penelitian lain menemukan bahwa mengombinasikan komponen aktif dalam Lingzhi dengan teh hijau baik untuk menghambat pertumbuhan tumor.

Jamur Lingzhi kaya akan asam lemak, asam amino, alkaloid, steroid, enzim, triterpenoid, dan polisakarida. Triterpenoid dan polisakarida adalah senyawa yang berkontribusi pada sifat antikanker jamur Lingzhi.

Sejumlah uji penelitian klinis menemukan bahwa banyak sel kanker yang mati berkat jamur ini. Penelitian lain menunjukkan bahwa jamur Lingzhi dapat menurunkan jumlah dan ukuran tumor di usus besar, serta mencegah kanker kolorektal dan kanker prostat.

Menurut penelitian lain, senyawa bioaktif yang disebut polifenol dan flavonoid pada jamur ini juga diyakini dapat membantu terapi antiinflamasi terhadap melanoma dan kanker payudara.

Dalam kombinasi dengan ramuan lainnya, jamur Lingzi juga dapat digunakan untuk membantu mengobati kanker prostat.

4. Menurunkan tekanan darah dan mengurangi alergi
Lingzhi mengandung triterpenes, komponen yang memberikan jamur ini rasa pahit khasnya. Triterpenes ini akan membantu mencegah hipertensi dan mengurangi gejala alergi.

Manfaat jamur Lingzhi lainnya termasuk menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit yang terkaitnya, seperti kolesterol tinggi; penyakit ginjal; dan penyakit hati.

5. Membantu Anda tidur lebih nyenyak
Pengobatan herbal dari Cina dan Jepang merekomendasikan untuk mengonsumsi jamur ini karena manfaat jamur Lingzhi yang dapat mengatasi sindrom kelelahan kronis, mencegah kelelahan, dan mengatasi stres sehingga juga dapat membantu masalah insomnia atau sulit tidur.

6. Menurunkan kadar lemak dan gula darah
Jamur Lingzhi kaya akan triterpenoid yang merupakan senyawa pemicu rasa pahit dari jamur ini. Zat ini pulalah yang diprediksi memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain bisa menurunkan lemak, trigliserida, dan memiliki efek antioksidan. Triterpenoid juga telah ditemukan memiliki manfaat kesehatan berupa antiradang dan antitumor. Polisakarida yang terkandung di dalam jamur Lingzhi memiliki sifat antitukak, memperkuat imunitas tubuh, dan menurunkan kadar gula darah.

7. Menjaga kesehatan saluran cerna dan hati
Studi terbaru mengungkapkan bahwa jamur Lingzhi bermanfaat untuk kesehatan usus dan saraf. Sebuah studi pada mencit (tikus kecil) menunjukkan bahwa jamur ini berdampak positif bagi bakteri baik di usus, sehingga bisa mengurangi risiko gangguan metabolik yang dapat menimbulkan obesitas.

Penelitian lain pada mencit juga menunjukkan bahwa ekstrak jamur Lingzhi dapat melindungi organ hati dari kerusakan akibat paparan alkohol dan zat beracun.

8. Antipenuaan

Sebuah penelitian menunjukkan, ada sejumlah komponen pada jamur Lingzhi yang diketahui memiliki efek antipenuaan. Komponen tersebut adalah polisakarida, triterpen, peptida, dan peptida polisakarida. Senyawa antioksidan yang terkandung pada jamur ini juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari dampak radikal bebas.

Sumber Artikel:

  • https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/7-manfaat-jamur-lingzhi-untuk-kesehatan/ (penulis: dr. Marsha Desica Arsanta, Editor: dr. Yusra Firdaus – Dokter Umum)
  • https://www.alodokter.com/mau-tahu-kelebihan-manfaat-jamur-lingzhi-berarti-harus-baca-ini (penulis: dr. Kevin Adrian)

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga yang mengalami keluhan, kista, miom, endometriosis, kanker, tumor, semua benjolan abnormal di dalam tubuh, dapat diatasi dengan Ling Shen Yao.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?