Hai Ayah dan Bunda, Ada 3 Keuntungan Bermain untuk Anak-anak

Bermain merupakan waktu yang berharga bagi anak-anak. Ternyata, berbagai jenis mainan juga memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka. Selain sebagai hiburan, mainan juga bisa menjadi sarana pendidikan bagi mereka.

Mainan memiliki banyak fungsi dan memberikan manfaat yang beragam bagi perkembangan anak-anak sebelum mereka dewasa. Mari kita cari tahu manfaat apa yang bisa didapatkan oleh anak-anak melalui bermain dengan mainan mereka!

Mainan dapat memberikan kontribusi dalam mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak-anak. Bermain dengan mainan memungkinkan mereka untuk menciptakan dunia baru dengan menggunakan mainan yang mereka miliki.

I

GULIR UNTUK MELIHAT ISI RES

Sebagai contoh, kita bisa memberikan mainan clay kepada anak-anak yang memungkinkan mereka untuk menciptakan bentuk sesuai dengan keinginan mereka. Selain itu, ada juga berbagai jenis permainan seperti mobil-mobilan yang dapat mereka mainkan untuk menciptakan adegan dan efek suara sesuai dengan imajinasi mereka.

Mengizinkan anak-anak bermain dengan mainan dapat memajukan kemampuan berfikir mereka. Misalnya, saat mereka bermain puzzle. Anak-anak akan memerlukan waktu dan perhatian untuk menyusun kepingan-kepingannya menjadi satu kesatuan. Ini dapat menjadi rangsangan bagi anak-anak untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memusatkan perhatian saat menghadapi tantangan seiring bertambahnya usia.

Memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk bermain dengan mainan dapat memberikan inspirasi bagi mereka untuk mencapai masa depan. Misalnya, mainan seperti peralatan dokter atau peralatan masak dapat memberikan kebebasan bagi anak-anak untuk bermain peran dan belajar pengetahuan baru.

Mainan semacam itu membantu mereka memahami peran seorang dokter dengan menggunakan alat-alat mainan untuk menyembuhkan pasien. Ada juga yang belajar menjadi arsitek melalui lego. Dengan mainan ini, mereka menyadari bahwa proses pembuatan gedung atau jembatan membutuhkan perhatian yang teliti dan harus hati-hati saat mengatur lego agar menjadi bentuk yang utuh.

Ini adalah tiga keuntungan yang bisa didapatkan anak-anak ketika mereka bereksplorasi dengan mainan. Saat ini, banyak orangtua yang lupa betapa pentingnya mainan dan malah memberikan gadget sebagai penggantinya.

Selain itu, banyak anak-anak yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan mainan karena situasi dan keterbatasan yang mereka hadapi. Sebagai contoh, di Nusa Tenggara Timur, banyak anak-anak yang menghabiskan waktu mereka untuk belajar dan bermain tanpa memiliki mainan.

Demikianlah, berbuatbaik.id bekerja sama dengan Trans Media Sosial dan Nobox Indonesia mengadakan inisiatif untuk mengumpulkan donasi mainan bagi anak-anak yang tinggal di bawah naungan CTARSA Foundation melalui acara Hobi Berbuat Baik.

Acara yang berjudul "Hobi Membantu, Hobi Menyenangkan dengan Donasi yang Tersalurkan 100%" akan diadakan selama tiga hari mulai tanggal 8-10 Desember 2023 di Trans Park Mall Juanda, Bekasi.

Hobi Berbuat Baik adalah rangkaian acara yang memberikan pengalaman istimewa bagi para penggemar mainan koleksi melalui pameran diecast, action figure, dan komik. Selain itu, acara ini juga memberikan kesempatan kepada para kolektor untuk menyumbangkan mainan mereka kepada anak-anak yang kurang beruntung di lokasi tersebut.

Jangan lupa mencatat tanggalnya agar tidak terlewatkan. Mari ikut serta dalam acara berbagi ini dan bantu membawa kebahagiaan kecil bagi anak-anak di Nusa Tenggara Timur dengan menyumbangkan mainan-mu!

Kisah Nyoman, Seorang Adik yang Setia Menemani Kakaknya yang Mengalami Disabilitas

Meskipun Tanpa Kaki dan Tangan yang Sempurna, Nyoman, Seorang Anak yang Membuat Kusen, Hidup dengan Kuat

Mari Bantu Anak-anak di Daerah Terpencil di NTT untuk Mewujudkan Impian Menjadi Pemain Bola di Tim Nasional Indonesia

Ayo Kita Bantu! Sekolah Dasar di Nunukan Terisolasi dan Tidak Memiliki Akses Listrik dan Air

Nasib Yang Mengenaskan Bagi Mantan Pekerja Migran yang Kini Hidup dalam Keterbatasan Total

Mari Kita Dukung Anak-anak di NTT agar Dapat Mencapai Pendidikan yang Lebih Baik

Semangat yang Tidak Pernah Padam dari Pasangan Suami Istri yang Menyokong Tiga Anak dengan Disabilitas

Hiruk Pikuk Pasar Menjadi Saksi Bagaimana Anak-anak Belajar untuk Meraih Mimpi mereka

Kisah Seorang Ibu Buruh Tani yang Hidupi Tujuh Anak dengan Kaki yang Tidak Sempurna

Kisah Mengharukan Anak-anak di Pesisir yang Hidup dengan Mengumpulkan Ikan Asin demi Bertahan Hidup

Kisah Sedih Anak-anak Pekerja Serabutan yang Mengalami Hidrosefalus

Read Also:

- APBN 2024: Mengoptimalkan Kesejahteraan Anak Melalui Program Kesehatan, Pendidikan, dan Perlindungan
- Cara Menghilangkan Kista Yang Bikin Dokter Penasaran?
- Kanker Kantong Kemih Setelah 8 kali kemoterapi apa yang terjadi?
- 3 Bahan Alami di Dapur yang Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol
- Kanker Kelenjar Getah Bening Dokter Memprediksi Buta Pasca Kemo Dan Radiasi, Ternyata?